Setelah Se-abad menghilang

Setelah satu abad menghilang, Kelomang ini ditemukan kembali

Rafael Lemaitre, ahli zoologi di Museum Sejalah Alam Nasional Institud Smithsonian, senang bukan kepalang. “ini adalah gambar pertama dari hewan itu dalam keadaan hidup”, katanya merajuk pada spesies kelomang yang ada di akuarium.
Kapal selam bernama Curasub memang mengumpulkan beberapa sampel kelomang dari dasar laut perairan karibia. Selama ini, kelomang hanya lewat spesimen kering berumur lebih dari satu abad. Spesies itu, Pylopagurus discoidalis, selama ini tidak pernah dijumpai dalam keadaan hidup.


Lemaitre mengatakan, seperti jenis kelomang lainnya Pylopagurus discoidalis memperoleh cangkang mereka dari hewan lain, biasanya moluska. Setiap kelomang harus berhati-hati memilih cangkang yang cocok dengan bentuk tubuh mereka supaya nyaman dipakai seperti halnya pakaian.
Pylopagurus discoidalis terbilang unik karena memiliki chelae, sebuah fitur pada bagian depan tubuh yang berbentuk mirip perisai. Chelae memungkinkan kelomang jenis ini menutup cangkang ketika ada bahaya. “ujung cangkang yang lain dapat disegel oleh bagian belakang tubuh kelomang yang berbentuk seperti ekor “ ujar Lemaitre
Kelomang unik tersebut dijumpai pada kedalaman 50-100 meter di lepas pantai Curacao di pulau Karibia. Meurut Lemaitre, pencarian kelomang di Karibia merupakan bagian dari proyek Observasi Terumbu Dalam yang di gagas institut Smithsonian.
Proyek tersebut memungkinkan para ahli taksonomi seperti Lemaitre mengamati langsung spesies hewan yang sebelumnya hanya dikenal secara eksklusif dari awetan dalam koleksi museum. “kesempatan yang luar biasa dan unik”.\, ujranya. Kini, tim peneliti mengumpulkan sampel DNA kelomang tersebut untuk diketahui sejarah evolusinya.



Sumber  : Koran Tempo Edisi Kamis 11 April 2013

2 komentar:

  1. itu kata2nya ada yang te doble kah jai?

    #koreksi aja :)

    kisahlabil.wordpress.com

    BalasHapus
  2. heeh nah...pas me upload gambar pang pas te paste jua artikelnya.....tapi sudah diperbaiki ko

    BalasHapus